Nina Yusab

Traveling – Culinary – Rundom Thougt

Eksplore Wisata Kebumen

Kebumen. Jujur, saat ada ajakan untuk Famtrip Blogger Kementerian Pariwisata RI ke kabupaten yang ada di Jawa Tengah itu aku sempat mikir, apa ya kira-kira wisata yang bisa dieksplore? Saking gak sabar, aku akhirnya kontak mas Dani dari Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kebumen. Dari sini aku peroleh beberapa spot layak kunjung dan sedang happening di kota itu.

Pantai-pantai di Kebumen
Rupanya Kebumen menyimpan tujuan wisata yang cukup menarik. Sebut saja Pantai Ayah, Pantai Logending, Pantai Karangbolong yang sudah lama kita kenal, maka ada juga Pantai Menganti yang mulai in di tahun 2017 lalu.

Pantai Menganti dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor dari Kebumen sekitar 1 jam. Jalanan berkelok dengan tanjakan tajam. Pastikan mobil atau motor yang kita gunakan cukup prima kondisinya.

Pantai Manganti dikenal memiliki cadas karang yang eksotis dengan deburan ombak yang garang. Meskipun demikian, pantai ini dikenal banyak nelayan untuk melaut mencari ikan. Itu kenapa ada Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di sini. Kita juga bisa lho menikmati hidangan ikan-ikanan di warung-warung yang ada. Pilih saja ikan bakar atau goreng. Dan yang penting, ada kelapa muda dan tempe mendoan goreng. Nyam..nyam.

Oh iya, yang mau bermalam di Pantai Menganti, tenang, banyak kok tersedia homestay di sini. Asik kan menikmati malam bersama pasangan, sambil mendengarkan ombar berdeburan di tengah senyapnya malam.

titik start pantai menganti. kendaraan pribadi biasanya berhenti di sini dan wisatawan diangkut dengan shuttle menuju ke pantai menganti.

Gua Barat
Bagi penyuka caving alias jelajah gua, silakan menjajal Gua Barat. Gua ini berkilo-kilometer lorongnya. Tapi untuk paket susur gua, disediakan durasi 6 jam untuk masuk dan keluar. Tentu dibutuhkan fisik yang kuat untuk aktifitas yang satu ini.

Kelebihan Gua Barat adalah stalagtit dan stalagmitnya yang membentuk ornament luarbiasa. Cantiknya lagi, konon banyak air terjun di gua ini. Aku bilang konon karena kemarin pas hari H, kami batal masuk mengingat hujan deras sedang turun dan mendung begitu tebal. Beresiko banget jika tetap maksa caving.

Menara Suar Klirong
Terus, pernah masuk ke mercusuar kah? Nah, kalau belum pernah, sempatkanlah datang ke Menara Suar Klirong. Jarak Klirong dari Kota Kebumen hanya 10 km ke arah Selatan.

Kalau berdiri di kaki mercusuar, lumayan juga musti menengadah untuk melihat puncaknya. Maklum, ketinggian mercusuar lebih dari 50 meter. Untuk menaikinya, siap-siap lah memanjat tangga, tingkat demi tingkat. Lumayan lho, nafas cukup engap juga memanjat ratusan tangga untuk sampai ke puncak, di mana lampu suar berada. Fungsi dari lampu suar adalah untuk menavigasi dan memandu kapal-kapal yang mendekat agar tak menghempas karang.

Offroad Susur Pantai
Offroad, iya beneran offroad pakai jeep. Satu jeep maksimal bisa dinaiki 4 orang. Biaya per tiga jam pertama adalah Rp 500.000/jeep/3 jam. Setelah itu setiap overtime 1 jam dikenai Rp 100.000.

Para offroader siap kok kita minta jalan ke semua destinasi wisata di Kebumen. Tapi, saran, kalau waktu tidak erlalu lama, mintalah susur pantai saja, berawal dari Pantai Bocor hingga Laguna Tegalretno. Di Tegalretno ini terdapat gumuk pasir dengan kontur naik turun. Ini cara mudah menaikkan adrenaline. Apalagi untuk pemula yang belum pernah merasakan offroad. Asli seru banget.

Jangan lewatkan aktifitas ini ya.

offroad di gumuk pasir tegalretno

Geopark Karangsambung
Masih di Kebumen, banyak situs geologis yang menurutku layak didatangi. Situs geologi di sini sangat penting bagi penelitian karena banyak singkapan atau pemunculan bebatuan geological ke permukaan akibat benturan tektonik maupun vulkanik.

Datangi saja kantor Lembaga Ilmu Pengetahuan (LIPI) yang ada di karangsambung. Di situ petugas akan senang hati memberikan edukasi terkait situs geologi yang ada di sekitar sini. Sebuah tontonan multi media bahkan sudah disiapkan, lengkap dengan Musium Melange sehingga kita bisa melihat langsung bebatuan pembentuk bumi kita ini.

musium melange di karangsambung. museum ini bagian dari lembaga informasi dan konservasi LIPI.

Masih di Karangsambung, bagi pemburu sunrise, ada satu puncak bukit bernama Pentulu Indah. Di sini pemandangannya luar biasa. Sangat luarbiasa. Sekumpulan kabut membius imajinasi kita. Dan saat matahari terbit, kabut-kabut ini seolah berdansa dengan sinar matahari pagi yang hangat mengusap.

Wisata Kuliner
Untuk penyuka makan, siapkan lidah untuk mencicip Nasi Penggel dan Sate Ambal. Nasi Penggel adalah nasi putih yang dikepal-kepal, dengan lauk sayur nangka dan terik jeroan sapi. Ada kok daging sapinya juga, cuma kebanyakan yang dipakai adalah paru, iso, dan juga kikil.

Sedangkan Sate Ambal adalah sate ayam. Bedanya dengan sate ayam di tempat lain yang menggunakan saus kacang, maka Sate Ambal menggunakan saus kacang yang dicampur dengan tempe yang dihaluskan. Rasanya jadi khas.

sate ambal khas kebumen. saus tempenya itu yang istimewa.

Kalaupun sudah puas nyicip Nasi Penggel maupun Sate Ambal, jangan lupakan makan buah-buahan di kebun buah yang bertebaran di sepanjang jalan Daendels. Buah yang banyak ditanam adalah Belimbing Madu, Jambu Kristal, dan juga Pepaya.

Kebumen, rupanya lebih mirip hiiden jewels untuk urusan wisata. Jauh dari mengecewakan.

#PesonaIndonesia
#PesonaKebumen
#VisitKebumen
#ExploreKebumen
#PlesirBumen
#JazzBenteng
#JazzLukulo
#KebumenKeren
#YuhPlesirKebumen
#jeepwisatakebumen #rijangsadangtimur #geoparkkebumen #museummelange
#nature #sadangtimur #watukelir #sateambal #nasipenggel #guabarat #caving #airterjun
#Blogging #Blogger #Trip #Traveller #Traveler #TravelBlogger #indonesiaindah #indonesia #independenttravel #Langsungenak #NinaYusab #NinaSusilowati

Next Post

Previous Post

Leave a Reply

© 2019 Nina Yusab

Theme by Anders Norén