Nina Yusab

Traveling – Culinary – Rundom Thougt

Jogging di Kambang Iwak, Palembang

IMG_20160511_090049

Area terbuka hijau semakin langka di perkotaan. Ketiadaan daerah resapan air sering menjadi masalah tersendiri.

Tapi kota Palembang punya cara jitu untuk mengantisipasi. Kota yang berdiri di area yang sebagian besar berawa ini, justru memanfaatkan rawa untuk taman kota. Kambang Iwak misalnya.

Kambang Iwak atau dalam bahasa Indonesianya: Kolam Ikan, merupakan kolam retensi yang disulap menjadi taman kota, lengkap dengan track jogging, playground, dan juga area ‘gymnasium’ sederhana. Untuk memanfaatkannya, masyarakat tak ditarik biaya apapun. Jaga saja kebersihan, dan berolahraga lah.

Nge-gym di Kambang Iwak

Luas Kambang Iwak secara keseluruhan kurang dari 1 ha. Sebagian besar terdiri dari kolam retensi, menampung luapan Sungai Musi yang dialirkan melalui saluran air. Dua orang petugas membersihkan kolam setiap pagi dan sore.

Membersihkan Kambang Iwak

Area taman yang teduh, memang menarik untuk duduk santai, piknik bareng keluarga, dan sejenak bernafas. Tidak mengherankan jika Sabtu dan Minggu, area ini berubah menjadi area kumpul warga. Aneka jajanan digelar di luar taman. Kalau sudah begitu siap-siap saja dengan kepadatan di Kambang Iwak.

Saran untuk yang tertarik jogging di track, ambillah putaran berbalikan arah jarum jam, sesuai anjuran, sehingga teratur dan tertib. Tubuh fit, pikiran jernih.

Arah jogging yang benar

Pemerintah kota/kabupaten lain sepertinya layak berkaca ke Palembang. Menggabungkan area terbuka hijau, dengan olahraga sepertinya merupakan pilihan tepat untuk menyehatkan masyarakat. Investasi alat olahraga yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat tanpa biaya seperti ini, tak terlalu banyak rasanya. Tapi efek jangka panjangnya terasa.

Ibaratnya, daripada budget BPJS habis untuk menyembuhkan si sakit, lebih baik digunakan untuk menjaga kesehatannya. Jika masyarakat sehat, pasti lebih produktif!

#PesonaPalembang #PesonaIndonesia #WonderfulIndonesia #NinaYusab #TravelBlogger #Traveller #TamanKota #BPJS #Sehat

Next Post

Previous Post

Leave a Reply

© 2019 Nina Yusab

Theme by Anders Norén