Nina Yusab

Traveling – Culinary – Rundom Thougt

Kalibiru, Desa Wisata Berbasis Kelompok Tani Hutan

Kalau boleh direview, Desa Wisata Kalibiru adalah salah satu bentuk kesuksesan masyarakat dalam mengelola lingkungannya. Kalibiru yang terletak di Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta ini berlokasi di kawasan hutan lindung di dekat Waduk Sermo. Sebelum tahun 2000 hutan ini kritis akibat pembalakan kayu secara liar.

Berangkat dari kesadaran masyarakat bahwa kesejahteraan mereka tak akan meningkat jika hutan gundul, mereka kemudian berinisiatif menghijaukan kembali hutan ini. Dibentuk kelompok tani hutan yang akhirnya berhasil mengkonservasi hutan lindung ini. Dan demi menjaga hutan untuk tetap lestari, sekaligus menghargai upaya masyarakat dalam usaha melestarikan hutan tersebut, Menteri Kehutanan memberikan ijin pengelolaan hutan kemasyarakatan kepada masyarakat. Dan peluang ini dimanfaatkan masyarakat sebagai tempat wisata.

bagi yang takut ketinggian bisa jadi takut berada di sini.

Beberapa fasilitas di Desa Wisata Kalibiru ini antara lain spot-spot untuk berfoto, cottage dan hero game outbound yang menarik. Pengelola Desa Wisata Kalibiru menginformasikan untuk paket bagi group wisata termasuk makanan khas desa setempat, antara lain: geblek dan besengek tempe kara. Mau pilih menu khas yang lain pun bisa.

Untuk masuk ke area desa wisata kita dikenakan biaya Rp 10.000/orang. Sedangkan untuk berfoto di spot-spot yang disediakan berkisat antara Rp 10.000-Rp 15.000/spot. Foto dengan gadget kita sendiri boleh. Tapi kalau mau hasilnya maksimal, pengelola menyediakan fotografer dengan kamera digital HD. Hasil foto yang dipilih dikenakan Rp 5.000/softcopy. Tertarik?

#LatePost #DesaWisataKalibiru #Kalibiru #DesaWisata #Travel #Traveler #EchoTourism #IndonesianTraveler_ #Kulonprogo #Yogyakarta #PesonaIndonesia #NinaYusab

Next Post

Previous Post

Leave a Reply

© 2019 Nina Yusab

Theme by Anders Norén