Nina Yusab

Traveling – Culinary – Rundom Thougt

Kura-kura Belawa Rawan Pencurian

kura-kura belawa
Kura-kura Belawa adalah kura-kura yang hanya bisa ditemukan di Desa Belawa, Kecamatan Lemah Abang, Kabupaten Cirebon. Tak sebagaimana hewan sejenis lainnya di tempat lain, yang bercangkang keras, maka kura-kura belawa ini justru memiliki ‘rumah’ lunak alias softshell. Bila sudah dewasa, cangkangnya berlekuk ke dalam, cekung.

Bentuknya yang unik dan keberadaannya yang langka menjadikan hewan ini target sasaran kolektor. Tidak mengherankan jika banyak pencurian hewan bermoncong lancip tersebut. Beruntung, masyarakat setempat menyadari pentingnya keberadaan kura-kura Belawa. Mereka berusaha melindungi hewan ini, dan memeliharanya dalam satu kawasan. Di kawasan yang saat ini diberdayakan sebagai tempat wisata itu masyarakat sekaligus mencoba mengkonservasi. Bila dulu tukik dibiarkan bebas menyatu dengan kura-kura dewasa, maka kini tukik atau anakan kura-kura dipelihara di tempat terpisah. “Setelah kami amati, anakan ini akan mati dimakan oleh kura-kura dewasa bila disatukan,” demikian jelas Kuwu atau Kepala Desa Belawa, Kamon Haryanto.

Kamon yang menghabiskan masa kecilnya di Desa Belawa mengaku keberadaan kura-kura ini semakin langka. Dulu, mudah menemukan kura-kura ini di gorong-gorong, sungai, maupun kolam setempat. Kini jumlahnya diperkirakan tak lebih dari 300 ekor. Sebagian besar masih dalam bentuk tukik. Sedangkan kura-kura dewasa tak lebih dari belasan ekor.

Saat ke Taman Wisata Kura-kura Belawa, 3 April 2016 lalu, diperoleh informasi bahwa jumlah kura-kura 5 tahun lalu jauh lebih banyak. Hanya saja, beberapa tahun berselang kura-kura ini seperti terserang virus dan mati ratusan ekor.

Kini, masyarakat setempat bahu membahu mempertahankan populasi kura-kura belawa, termasuk menyediakan papan yang diusahakan sesuai habitat, yaitu kolam air berlumpur dan area lahan darat yang cukup untuk kebutuhan si kura-kura bertelur.

Hewan yang mulai belajar bertelur saat usia 6 tahun ini juga dijaga siang malam, agar terhindar dari cokokan maling. Maklum, harganya di pasar gelap bisa mencapai jutaan rupiah.

Ingin melihat kura-kura Belawa? Mudah. Lokasinya 15 km dari kota Cirebon ke arah Sindanglaut.

#pesonaindonesia #pesonacirebon #kura-kura #desabelawa #cirebon

Next Post

Previous Post

Leave a Reply

© 2019 Nina Yusab

Theme by Anders Norén