Nina Yusab

Traveling – Culinary – Rundom Thougt

Rujak Terasi Khas Lombok, Bikin Nagih

Rujak Nusantara banyak macamnya. Rujak di Jawa bisa jadi berbeda dengan temannya yang di Sumatera. Atau kalau kita ke Singkawang, ada yang namanya Rujak Ebi. Betawi punya Rujak Juhi. Di Bali kita mengenal Rujak Kuah Pindang dan Rujak Bulung.

Nah, di Nusa Tenggara Barat (NTB), tepatnay di Mataram, Lombok ada yang namanya Rujak Terasi.

Secara umum rujak-rujak ini menggunakan buah yang sama, tak jauh-jauh dari mangga, nanas, bengkuang, pepaya mengkal, kedondong dll. Pembedanya adalah pada bumbu atau sausnya.

Nah, mumpung di Mataram, Lombok, NTB, kita kulik yuk apa itu Rujak Terasi, Bukankah semua rujak memang menggunakan terasi ini? Lantas apa istmewanya rujak khas Lombok ini?

Rujak Terasi Lombok memiliki rasa khas yang disebabkan oleh sedikitnya dua bumbunya, yaitu terasi lombok yang terkenal enak itu, dan juga penggunaan cuka aren yang memberikan rasa luar biasa. Cuka ini terbuat dari sadapan aren yang difermentasikan. Aroma khas fermentasi kadang cukup mengganggu, tapi efek rasanya, uenak menurutku. Ada paduan asam, asin, manis di Rujak Terasi ini. Mana dalam pembuatannya pun, gula merah sudah dicairkan dulu menjadi semacam sirup kental. Saat sirup dan cuka ini dituangkan di rujak, kok terbayang sudah rasanya. Slllrrpp.

Rujak Terasi sebenarnya mudah ditemukan di banyak tempat di Kota Mataram, Lombok. Tapi kemarin aku nyicip rujak di Taman Mayura, saat ketemu teman-teman Langsungenak Rinjani yang berbasis di Mataram. Rasakan nikmatnya, bikin nagih.

#rujakterasi #rujakterasilombok #terasilombok #cukaaren #PesonaLombok #PesonaIndonesia #WonderfulIndonesia #TamanMayura #VisitLombok #DisbudparProvinsiNTB #BloggerTravel #blog #blogging #trip #langsungenak #Traveler #Traveller #FoodTraveler #Travel #NinaYusab

Next Post

Previous Post

Leave a Reply

© 2019 Nina Yusab

Theme by Anders Norén